14 Oktober 2024, Program Studi S-1 Agribisnis Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Peradaban, menyambut Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka kegiatan Asesmen Lapangan. Tim Asesor yang ditugaskan BAN-PT untuk melakukan Asesmen Lapangan adalah Mahdi, S.P., M.Si., Ph.D. dari Universitas Andalas dengan latar akademis Sosial Ekonomi dan I Putu Sudiarta, S.P., M.Si., Ph.D. dari Universitas Udayana dengan latar akademis Bioteknologi Pertanian. Kedua Asesor melakukan konfirmasi dokumen akreditasi yang telah disiapkan oleh prodi dengan kenyataan di lapangan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor Universitas Peradaban Dr. Muh. Kadarisman, S.H., M.Si., Ketua Yayasan Wakaf Perguruan Ta’allumul Huda beserta jajarannya, Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Ujang Khiyarusoleh, M.Pd., Dekan Fakultas Sains dan Teknologi apt. Dr. Pudjono, S.U., Dekan FKIP Eka Farida Fasha, M.Pd., Dekan FEB Mukhroji, S.E., M.M.,  Ketua LPPM Dr. Sutarmin, S.Si., M.M., Ketua Badan Penjamin Mutu Dr. Qori Al Banin, S.E., M.Si., Ketua Lembaga Pelatihan dan Kerja Sama Dr. Cici Widowati, S.P., M.S.M., para dosen dan mahasiswa Prodi Agribisnis, serta para Kaprodi di lingkungan Universitas Peradaban.

Dalam sambutannya, Rektor  menjelaskan sejarah dibukanya Prodi Agribisnis di Universitas Peradaban dilatar belakangi oleh lokasi kampus yang berada di wilayah pertanian dimana memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan.  Kabupaten Brebes terbagi menjadi tiga zona, yakni zona utara yang merupakan zona perikanan, kemudian ada  zona tengah adalah daerah industri, dan zona selatan adalah zona pertanian, perkebunan, dan agrowisata. 

“Kami ingin kegiatan asesmen lapangan ini dapat menjadi cambuk bagi Fakultas Sains dan Teknologi, khususnya Prodi Agribisnis untuk senantiasa melakukan perbaikan-perbaikan.  Selamat datang kepada Tim Asesor, kami sangat berharap kehadiran asesor dapat memberikan dampak yang lebih baik bagi perkembangan dan peningkatan kualitas program studi  di Universitas Peradaban,” pungkasnya.

Selanjutnya, Mahdi, S.P., M.Si., Ph.D., menyampaikan, bahwa Tim Asesor mendapatkan tugas untuk menyelesaikan rangkaian akreditasi dengan melakukan klarifikasi dari data dan informasi yang sudah dikirimkan ke BAN-PT.

“Semoga informasi yang disediakan prodi bisa kami sampaikan ke Dewan Eksekutif BAN-PT untuk diambil kesimpulan, itu formatnya. Tapi yang lebih substantif adalah tanggung jawab moral kita untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan memenuhi standar sehingga sarjana yang dihasilkan bisa memberi dampak yang positif bagi masyarakat luas,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, I Putu Sudiarta, S.P., M.Si.,Ph.D. menyampaikan perlu adanya sistem penjamin mutu eksternal sehingga jalannya pendidikan dapat maksimal dan prodi dapat melahirkan sarjana yang benar-benar diinginkan masyarakat. Di sisi lain, kondisi eksternal wilayah Bumiayu sudah sangat mendukung keberadaan Prodi Agribisnis. Jadi, asesmen lapangan ini dilakukan dalam rangka memotret dimana yang dinilai adalah kinerja para dosen itu sendiri.

Kegiatan Asesmen Lapangan berlangsung selama satu hari penuh, dimulai  dengan peninjauan sarana prasarana seperti ruang perkuliahan dan laboratorium, kemudian dilanjutkan sesi dengan Pimpinan Unit Pengelola Program Studi dan konfirmasi data Laporan Kinerja Program Studi (LKPS). Pada sesi kedua kegiatan Asesmen Lapangan dilakukan konfirmasi data dan informasi dalam Laporan Evaluasi Diri (LED) kepada Pelaksana Penjamin Mutu Internal serta Tim Akreditasi. Kemudian dilanjutkan sesi konfirmasi terhadap dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, serta pihak eksternal yakni perwakilan alumni, pengguna alumni, pemerintah, maupun masyarakat. Semua pihak yang ikut berpartisipasi diminta memberikan keterangan sesuai pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh kedua asesor. Selanjutnya asesor melakukan kerja mandiri untuk merangkum keterangan hasil verifikasi dari semua pihak dan memberikan feedback atas seluruh rangkaian asesmen.

Sesi terakhir pada proses asesmen ini ditutup Rektor Universitas Peradaban, dalam penutupannya Rektor menyampaikan terimakasih kepada Tim Asesor yang banyak memberi masukan bagi kemajuan Universitas Peradaban khususnya Prodi Agribisnis. Rektor juga berjanji untuk memberikan beasiswa kepada dosen yang akan melanjutkan S-3. Tidak lupa, Rektor menyampaikan apresiasi kepada Tim Akreditasi Agribisnis yang telah bekerja keras melakukan persiapan dokumen dan hal lainnya terkait asesmen lapangan.(early)

Categories: Berita

Kirim Pesan
Universitas Peradaban
Assalaamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh
Ada yang bisa kami bantu?