Yudhi Prasetyo (Pimpinan Perusahaan Portal Pantura) bersama Dr. Cintya Nurika Irma, M.Pd. (Kaprodi PBIN)

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBIN), FKIP, Universitas Peradaban menyelenggarakan Praktisi Mengajar pada hari Kamis, 4 Juli 2024 di Gedung A Universitas Peradaban dengan mengusung topik “Berkarier di Dunia Profesional” yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa PBIN. Kegiatan ini merupakan realisasi Implementation Agreement (IA) Program Studi PBIN dengan Radio Top FM Paguyangan, Radio Kasihku FM Bumiayu, Penerbit Rayaz Media, dan Portal Pantura. Keterlibatan praktisi mengajar relevan dan urgensi sebagai bentuk aktualisasi kolaborasi antara perguruan tinggi dengan praktisi dalam merealisasikan program MBKM (Medeka Belajar Kampus Merdeka).

“Praktisi mengajar ikut berperan dalam penguatan pemahaman, keterampilan, dan pengalaman khususnya dalam jurnalistik dan public speaking sebagai bagian keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBIN). Oleh sebab itu, pascakegiatan ini harapannya akan berdampak bagi mahasiswa memperoleh bekal terkait dua bidang tersebut dari empat praktisi yang terlibat. Implementasi IA berikutnya diharapkan akan terealisasi melalui program magang mahasiswa PBIN. Selain itu, mahasiswa juga menyiapkan diri dalam penguatan keterampilan dan profesionalisme yang dimiliki sebagai bekal di dunia kerja. Meski lulusan utama adalah sebagai pendidik Bahasa Indonesia tetapi terdapat pilihan pekerjaan lain yang relevan, ujar Dr. Cintya Nurika Irma, M.Pd. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia”.

Sesi pertama, pemaparan oleh Lisnawati, M.Si. selaku Direktur Penerbit Rayaz Media. Pemaparan berkaitan tentang ruang lingkup penerbit seperti jenis penerbit, kru yang terlibat, dan tahapan penerbitan. Beberapa mata kuliah di Program Studi PBIN terdapat luaran hasil karya mahasiswa dalam bentuk karya mandiri atau kolaborasi yang diterbitkan dalam bentuk buku. Praktisi mengajar sesi pertama diharapkan dapat memberikan gambaran bagi mahasiswa terkait hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum pengajuan naskah tulisan dan proses penerbitan serta pengetahuan mahasiswa peluang dunia kerja penerbitan. Praktisi juga menjelaskan bahwa bidang  penerbitan bukan hanya berkaitan editor tulisan melainkan juga diperlukan kemampuan public speaking seperti kreator dalam memublikasikan dan mempromosikan buku dan penulis atau customer service yang memerlukan keahlian berbicara yang baik dan benar.

Sesi kedua, pemaparan oleh Bayu Akhmad selaku Manager Top FM Paguyangan dan Rosita Indah U. S.I.Kom. selaku Station Manager Radio Kasihku. Public speaking menjadi salah satu mata kuliah yang diajarkan pada mahasiswa PBIN, salah satu materi yang disampaikan terkait penyiar radio. Kedua praktisi menjelaskan terkait ruang lingkup pengertian dan sejarah radio, jenis-jenis penyiar radio dan acara, dan peluang pekerjaan sebagai di stasiun radio maupun penyiar radio. Selanjutnya, sesi ketiga, pemaparan oleh Yudhi Prasetyo selaku Pimpinan Perusahan Portal Pantura yang menyampaikan terkait ruang lingkup surat kabar, prosedur penulisan, redaksi dalam surat kabar, dan peluang pekerjaan pada bidang surat kabar. Surat kabar menjadi salah satu media publikasi tulisan mahasiswa Program Studi PBIN, salah satunya pada tulisan artikel popular bentuk opini. Terealisasi Praktisi Mengajar sebagai bentuk komitemen dalam berkolaborasi antara Prodi PBIN dengan  Radio Top FM Paguyangan, Radio Kasihku FM Bumiayu, Penerbit Rayaz Media, dan Portal Pantura sebagai pengoptimalan kemampuan berbahasa khususnya pada bidang jurnalistik dan public speaking dan pandangan pilihan pekerjaan bagi mahasiswa PBIN.

Categories: Berita

Kirim Pesan
Universitas Peradaban
Assalaamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh
Ada yang bisa kami bantu?