Ketua LPPM Universitas Peradaban Dr. Sutarmin, S.Si., M.M.

Inkubator Bisnis Universitas Peradaban belum lama ini melaksanakan kegiatan di Desa Gunung Jaya, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. Kegiatan dengan agenda workshop dan hibah mesin roasting kopi tersebut dilaksanakan pada Selasa (25/7). Tim Inkubator Bisnis dan beberapa Mahasiswa Universitas Peradaban harus menempuh perjalanan kurang lebih dua jam untuk bisa mencapai lokasi kegiatan. Tim membawa sejumlah peralatan pendukung acara dan khususnya mesin roasting yang akan diserahkan kepada tenant Inkubator Bisnis.

Proses produksi roasting kopi robusta di Desa Gunung Jaya masih menggunakan cara manual dengan peralatan sederhana sehingga hasil dari proses roasting secara manual tersebut tidak merata tingkat kematangan dan warna kopinya. Selain itu membutuhkan waktu yang lama dan tingkat kehati-hatian yang sangat tinggi dalam proses roasting kopi produksinya. Penyimpanan produk kopi yang belum memadai juga menjadi kendala. Dukungan teknologi berupa mesin roasting kopi menjadi solusi yang tepat dari berbagai permasalahan tersebut untuk proses produksi pada roasting yang masih manual dan sederhana. Fungsi mesin tersebut yaitu menjaga aroma dan rasa dari kopi serta warna kopi akan merata sempurna sesuai dengan proses pengolahan roasting yang diinginkan.

Antusiasme masyarakat Gunung Jaya dan tenant Inkubator Bisnis Universitas Peradaban menghadiri kegiatan ini sangatlah tinggi, dengan persiapan yang cukup padat acara dapat berjalan lancar. Kegiatan diawali sambutan Kepala Desa Gunung Jaya sebagai pengantar kegiatan. Kepala Desa menyampaikan apresiasi yang besar terhadap Inkubator Bisnis Universitas Peradaban yang telah membantu dan mendukung perekenomian di desa Gunung Jaya. Hal ini menjadi pemantik semangat wirausaha terhadap bisnis-bisnis lainnya yang ada di Desa Gunung Jaya guna melakukan inovasi demi perekonomian desa yang lebih baik.

Acara inti yaitu penyampaian materi pelatihan sekaligus workshop dengan tema “Penguatan Hilirisasi Produk Kopi Robusta” yang disampaikan oleh Ketua LPPM Universitas Peradaban sekaligus pebisnis sukses dari Purwokerto yakni Dr. Sutarmin, S.Si., M.M. Penyampaian materi diikuti dengan baik oleh tenant Inkubator Bisnis sebagai sasaran utama dalam mengembangkan usaha tenant. Peserta pelatihan sangat aktif dan memunculkan ide-ide baru sehingga suasana penyampaian materi cukup efektif dan dapat diterima oleh seluruh peserta khususnya anggota tenant Inkubator Bisnis Universitas Peradaban. Dalam paparannya, Dr. Sutarmin  menyampaikan harapan setelah memiliki mesin roasting kopi ini, tenant menjadi semakin giat dan semangat dalam menghadapi persaingan usaha dengan melakukan inovasi-inovasi baru atau terobosan cara-cara baru yang dapat meningkatkan keuntungan dan akhirnya bisa menyejahterakan anggota tenant.

Sesi diskusi melalui tanya jawab seputar kegiatan usaha roasting kopi sangat interaktif sehingga komunikasi dua arah yang berlangsung cukup menyenangkan dan bermanfaat dalam bertukar ide dan saran. Tenant mengutarakan bermacam-macam kendala yang biasa dihadapi kemudian didiskusikan bersama untuk mencari jalan tengah, tentunya dikolaborasikan dengan proyek yang akan dilaksanakan oleh Inkubator Bisnis. Kegiatan pelatihan dan workshop berlangsung sekitar 3 (tiga) jam sehingga peserta pelatihan cukup puas, jelas dan matang dalam mendalami pekerjaan bidang usaha kopi robusta.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan mesin roasting kopi oleh Inkubator Bisnis Universitas Peradaban kepada tenant. Penyerahan mesin roasting disaksikan oleh masyarakat dan perangkat desa sebagai bukti bahwa Inkubator Bisnis Universitas Peradaban bergerak nyata dalam membina tenantnya.

Acara yang berlangsung dari pagi hingga sore pukul 16.00 WIB ditutup dengan sesi foto bersama. Kesimpulan dari diadakannya kegiatan pelatihan, workshop dan penyerahan mesin roasting dari Inkubator Bisnis Universitas Peradaban kepada tenant yaitu untuk mendorong dan mempercepat perkembangan usaha tenant. Selain itu, kegiatan ini menjadi cerminan dedikasi Inkubator Bisnis Universitas Peradaban dalam mengelola tenant menjadi bisnis yang lebih maju.

Penulis: Ilham Wardhoni, S.P., M.P.

Disunting oleh: Early T. Damayanti, S.Sos.

Categories: Berita

Kirim Pesan
Universitas Peradaban
Assalaamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh
Ada yang bisa kami bantu?