Kinerja Tim Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Universitas Peradaban Tahun 2022 mendapat apresiasi dari Pengurus Yayasan, Rektor beserta jajaran Pimpinan Universitas Peradaban. Hal tersebut diutarakan dalam Rapat Evaluasi Kinerja Tim PPMB Tahun 2022 dan Persiapan PPMB Tahun 2023, Senin (10/10/2022).
Rektor Universitas Peradaban Dr. Muh. Kadarisman, S.H., M.Si. menyampaikan PPMB sudah melewati tahap perencanaan, implementasi dan evaluasi. Evaluasi capaian tahun 2022 sangat penting untuk menentukan langkah strategis berikutnya di PPMB tahun 2023. “Kami berusaha secara transparan agar ke depan dibangun hubungan yang lebih intens antara rektorat dengan yayasan, harapannya semua pihak bisa ikut andil dalam memberikan sumbangsih pemikiran”, ujar Rektor.
“Proses rekrutmen mahasiswa baru merupakan nafas universitas, karena berhasil tidaknya proses ini akan berdampak serius pada kelangsungan universitas”, sambungnya.
Ketua Yayasan Abdullah S.Pd. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kami berharap semua unsur yang ada di Yayasan dan Universitas Peradaban, mulai dari Rektor hingga karyawan agar dapat memiliki mindset yang sama. “Promosi adalah ujung tombak, jika ujung tombaknya lemah maka kita semua tidak akan bisa berkembang”, kata Ketua Yayasan.
Terkait dengan penerimaan mahasiswa baru, Direktur PPMB Aswhar Anis, S.IP., M.Si. menjelaskan bahwa kami sudah mengupayakan semudah mungkin bagi calon mahasiswa untuk mendaftar ke Universitas Peradaban, juga menyediakan sistem pendaftaran baik itu offline maupun online, pendaftaran secara offline dapat dilakukan di Universitas Peradaban dan akan dilayani oleh Frontliner, sedangkan untuk pendaftaran secara online kami sudah menyediakan website tersendiri yang dapat diakses melalui website Universitas Peradaban.
“Untuk mempromosikan Universitas Peradaban dengan lebih baik, kita juga bekerjasama dengan Agen Promosi dengan program MGM (Member Get Member) dan Refferal Virtual Afiliate”, imbuh Anis.
Jumlah perguruan tinggi yang banyak, menyebabkan terjadinya persaingan yang ketat dalam mendapatkan calon mahasiswa. Maka dari itu dalam menghadapi persaingan yang ketat, perguruan tinggi harus merumuskan strategi untuk menarik minat calon mahasiwa baru.
Dalam hal ini Universitas Peradaban sebagai institusi pendidikan tinggi merumuskan berbagai strategi promosi untuk menarik calon mahasiswa baru, antara lain memanfaatkan media sosial sebagai media untuk promosi, selain karena murah juga sangat diminati oleh generasi milenial dan yang terpenting adalah media sosial memiliki jumlah pengguna yang besar dengan penyebaran informasi yang sangat cepat.
Tidak hanya menggunakan media sosial sebagai media untuk promosi, Universitas Peradaban juga memanfaatkan media offline mainstream seperti brosur, poster, kalender, gift (jam dinding, cangkir, payung), banner, mini banner, spanduk bentang, spanduk kerjasama, baliho, papan reklame/billboard jalan.
Untuk menggapai stakeholder yang tepat dan memperkenalkan secara langsung kepada calon mahasiswa baru, Universitas Peradaban selain mengadakan sosialisasi ke berbagai sekolah (270 sekolah di Kabupaten Brebes, Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Tegal, dan Kota Tegal), juga mengikuti Expo Campus di berbagai sekolah. Berbicara tentang perkembangan ke depan, Universitas Peradaban akan berusaha untuk meningkatkan brandnya dengan cara meningkatkan strategi promosi.