Dalam upaya meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pertanian bagi masyarakat, dosen Universitas Peradaban telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Pelatihan Budidaya Tanaman Sayuran”. Kegiatan ini diselenggarakan khusus untuk warga Desa Pruwatan dan berlangsung pada tanggal 18 Juli 2024 di Balai Desa Pruwatan, Bumiayu.

Acara ini dihadiri oleh 20 warga yang sangat antusias untuk mengetahui bagaimana cara budidaya tanaman sayuran yang efektif dan berkelanjutan. Khurotul Aeni, M.Kom., selaku ketua tim pengabdian masyarakat Universitas Peradaban, menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk membekali para peserta dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam budidaya sayuran guna meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan ekonomi. “Budidaya sayuran bukan hanya cara untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari, tetapi juga bisa menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan. Melalui kegiatan ini, kami berharap warga Desa Pruwatan dapat mengaplikasikan teknik budidaya yang tepat untuk meningkatkan hasil panen mereka,” ujar beliau.

Materi yang disampaikan oleh Wahyu Febriyono, M.P. selaku tutor meliputi pengenalan dasar tentang budidaya sayuran, teknik penanaman yang baik, serta studi kasus sukses budidaya sayuran di daerah lain. Salah satu peserta, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kegiatan ini. “Kami sangat terbantu dengan pengetahuan baru ini. Sekarang kami memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana cara budidaya tanaman sayuran yang baik dan benar,” katanya.

Kegiatan pelatihan ini menunjukkan komitmen Universitas Peradaban dalam mendukung pengembangan kapasitas masyarakat, khususnya di bidang pertanian. Dengan teknik budidaya yang tepat, diharapkan warga Desa Pruwatan dapat meningkatkan produktivitas pertanian mereka, sehingga mampu memberikan kontribusi positif bagi ketahanan pangan dan perekonomian lokal.

Penulis: Ahmad Faozi, (Mahasiswa Informatika Universitas Peradaban)

Categories: Berita

Kirim Pesan
Universitas Peradaban
Assalaamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh
Ada yang bisa kami bantu?