Sejarah


Yayasan Wakaf Perguruan Ta’allumul Bumiayu dalam upaya ikut mencerdaskan bangsa telah di ikut andil melalui lembaga – lembaga pendidikan yang telah berhasil didirikannya dan Alhamdullillah banyak mendapat dukungan darai sebagaian besar masyarakat Bumiayu dan sekitarnya. Lembaga – lembaga yang telah berhasil dikelolanya mulai dari PAUD, TK, MD, SD, SMP, SMA, STKIP dan STIE.


Menyadari bahwa perubahan begitu cepat diberbagai bidang terutama di bidang IPTEK, maka perlu diantisipasi dengan penguasaan ilmu pula. Sehingga berbagai perubahan tantangan dan masalah baru bisa di atasi melalalui generasi yang mempunyai Ilmu, sikap dan cara menangkalnya.


Melalui tokoh Prof. Dr. Yahya A Muhaimin asli kelahiran kota Bumiayu yang pernah mendapat kepercayaan Presiden Abdurrahman Wahid menjadi Mendiknas RI (1999 – 2000), pada tahun 2014 ini berhasil mewujudkan cita-citanya membangun kota kecil Bumiayu dengan mendirikan sebuah universitas yang kemudian diberi nama “ UNIVERSITAS PERADABAN” yang merupakan pengembangan dari STKIP – STIE ISLAM BUMIAYU.


Dengan adanya Universitas Peradaban, pengurus yayasan Wakaf Perguruan Ta’allumul Huda Bumiayu yakin dapat mewujudkan masyarakat yang peduli terhadap kemajuan zaman, berpendidikan, menguasai IPTEK, cerdas, produktif, berdaya saing dan memiliki karakter akhlak mulia. Komitmen tersebut dilakukan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan yang dikelolanya termasuk universitas yang baru didirikannya di harapkan akan mengasilkan sarjana yang mampu bersaing, berakhlakul karimah, memiliki jiwa kewirausahaan menguasai teknologi berkarakter.